Pengenalan Aksara Jawa Menggunakan Digital Image Processing

Ratna Yani Astuty, Ellysha Dwiyanthi Kusuma

Abstract


Seiring dengan kemajuan teknologi maka semakin meningkat juga tuntutan akan teknologi aplikasi komputer yang mampu memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah kebutuhan untuk melestarikan budaya khususnya aksara jawa agar tidak terlupakan oleh generasi masa kini. Untuk memenuhi kebutuhan akan pelestarian budaya, maka penulis akan mengembangkan penelitian yang dituliskan dalam paper ini. Penelitian ini akan menggunakan metode dari pengolahan citra digital yaitu metode template maching untuk dapat mengenali aksara jawa. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengenali karakter aksara jawa, sehingga dapat memudahkan user untuk melakukan pembelajaran aksara jawa sekaligus untuk melestarikan aksara jawa.

Full Text:

PDF

References


I. H. Pradana, “Klasifikasi Citra Sidik Jari Berdasarkan Enam Tipe Pattern Menggunakan Metode Euclidean Distance,” Inform. Jur. Tek. Komputer, Fak. Ilmu Nuswantoro, Univ. Dian, pp. 1–5, 2015.

I. G. M. D. I Kadek Dharma Laksana, I Made Gede Sunarya, “Aplikasi Ocr ( Optical Character Recognition ) Tulisan Tangan Aksara Bali dengan Metode,” Karmapati, vol. 4, 2015.

A. C. Agustina, “Pengenalan Aksara Jawa Menggunakan Learning Vector Quantization(LVQ),” no. 1, 2009.

G. A. W. Dani Rohpandi, Asep Sugiharto, “Aplikasi Pengolahan Citra Dalam Pengenalan Pola Huruf Ngalagena Menggunakan MATLAB,” Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 9–10, 2015.

M. C. W. Daniel Richard Andriessen, Harianto, “Pengendalian Mobile Robot Berbasis Webcam Menggunakan Perintah Isyarat Tangan,” pp. 1–10, 2011.

W. Nugroho, “Deteksi Kerusakan Jalur PCB ( Printed Circuit Board ) Menggunakan Metode Template Matching,” 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.